Mall yang Hidup di Surabaya

Keberadaan mall bukanlah sebuah bangunan yang langka lagi di kota besar macam Surabaya. Bahkan di Surabaya, Mall telah menjadi tempat wisata, mengingat jarang sekali keberadaan lokasi wisata di sini. Konsekuensinya, ketika kita berwisata di mall-mall tersebut, akan banyak merogoh kantong kehidupan. Hal ini yang juga menyebabkan Surabaya tidak menjadi pilihan dalam berwisata. Masyarakat akan menjadikan Surabaya sebagai lokasi perbelanjaan, dimana saat mereka membutuhkan sesuatu, pasti Surabaya memilikinya.

Surabaya-tunjungan

Jika kita mendatangi Surabaya, kita akan cepat sekali menemukan keberadaan mall-mall ini, bahkan melalui jalur kedatangan mana pun. Mall-mall tersebut berceceran menyaingi jumlah pom bensin di Surabaya. Kita dapat menemui mulai dari BG Junction, Central Point Mall, Ciputra World Surabaya, City of Tomorrow (CITO), Darmo Trade Centre (DTC), Dupak Grosir, East Coast Center, Empire Palace, Galaxy Mall, Golden City Mall, Grand City Surabaya, Hi-Tech Mall, ICBC Center, ITC Mega Grosir, Jembatan Merah Plaza, JS Plaza, Kapas Krampung Plaza (KAZA), Lenmarc, Mangga Dua Center, Maspion Square, Pakuwon Indah Supermall (SPI), Pakuwon Trade Centre (PTC), Pasar Atum, Pasar Atum Mall, Pasar Turi, Plaza Marina, Plaza Surabaya (Delta Plaza), Pusat Grosir Surabaya (PGS), Royal Plaza, Surabaya Town Square (Sutos), Tunjungan City, Tunjungan Electronic Center, Tunjungan Plaza (TP), dan World Trade Center Surabaya (WTC Surabaya). Seluruh jajaran mall tersebut tidak hanya menjual barang-barang serupa saja. Beberapa diantaranya ada yang khusus menjual barang-barang spesifik seperti komputer dan gadget, perhiasan, dan lain sebagainya.

55369904

Penghuni Surabaya sejak kecil saja mungkin belum tentu sudah memasuki seluruh mall-mall tersebut. Saya sendiri sebagai pendatang dan berstatus mahasiswa di Surabaya, baru saja mencoba segelintir jumlah mall-mall tersebut. Karena saya berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berposisi di Surabaya Timur, tentunya saya lebih sering mengunjungi mall-mall bagian Timur seperti, Galaxy Mall, Grand City Surabaya, dan East Cost Center. Sedangkan untuk Surabaya bagian kota, beberapa mall yang sudah saya coba adalah Hi-Tech Mall, Pasar Atum Mall, Royal Plaza, SUTOS, Tunjungan Plaza, dan Delta Plaza. Kecuali Hi-Tech Mall yang saya datangi untuk membeli peralatan komputer, mall-mall lainnya kebanyak menjual barang-barang umum yang secara garis besar sama. Perbedaan paling mencoloknya mungkin lebih terletak pada kelas atau level yang diusung. Semakin megah dan istimewa tampilan mall tersebut, semakin mahal pula harga barang-barang yang diperjualkan di dalamnya. Selain itu, mall-mall tersebut juga melihat kondisi sosial masyarakat di sekitarnya. Biasanya mall-mall yang berdiri di kawasan elit, akan berpenampilan elit juga.

SurabayaPlaza3 45810933

Dalam sudut pandang yang berbeda, keberadaan puluhan mall-mall ini justru menimbulkan kebiasaan yang kurang baik. Keberadaannya memang sudah hampir menyesuaikan dengan seluruh strata sosial masyarakat yang hidup di sana. Mulai dari masyarakat bawah hingga atas, telah terdapat kecocokan mallnya tersendiri. Namun di sisi lain, pusat perbelanjaan yang melimpah ruah ini menyebabkan kebiasaan konsumtif. Di seluruh lapisan masyarakat, kebiasaan berbelanja akan terus tumbuh dan membesar. Ditambah dengan langkanya lokasi wisata di Surabaya, menyebabkan masyarakat akan lari mencari hiburan di pusat-pusat perbelanjaan tersebut. Hal ini masih wajar selama kita masih dapat mengontrol diri. Karena jika tidak memiliki kontrol diri yang baik, kita akan larut dalam berbagai kenyamanan barang dan jasa yang mall-mall ini sajikan dan menjadi manusia konsumen sejati.

Referensi: http://www.carialamat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s