Review Film Soekarno : Indonesia Merdeka

Hanung Bramantyo kembali menunjukkan profesionalitasnya. Tidak main-main, sutradara terkenal ini merilis sebuah film dari seorang tokoh terkenal yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia, Ir. Soekarno. Beliau memang dikenal sebagai sutradara yang sering kali membuat film-film besar dengan jumlah animo penonton yang bukan main. Baru saja tepat di tanggal cantik lalu, 11 Desember 2013 (11-12-13), beliau sebagai sutradara sekaligus penulis bersama Ben Sihombing, merilis film tokoh besar tersebut. Terlihat bahwa  film Soekarno memang buah karya dari tangan Hanung Bramantyo, film yang tergolong baru masuk pada penghujung tahun 2013 ini, telah menduduki peringkat 4 sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak pada tahun ini.

soekarno

Pada hari Minggu, 20 Desember 2013 yang lalu, saya bersama keluarga berkesempatan untuk menyaksikan film mengenai perjuangan Presiden Republik Indonesia pertama ini. Film ini menceritakan kisah Ir. Soekarno sejak ia kecil hingga Indonesia meraih kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Saya sekeluarga berlima menyaksikan film tersebut pada Theater 1. Karena film tersebut diputar dari jam 12.15 hingga 14.30, kami memutuskan untuk membeli tiket terlebih dahulu kemudian menjalankan ibadah salat. Setelah itu, tepat pada jam 12.10 kami sampai ke bioskop dan segera masuk untuk menyaksikan film tersebut.

Sebelum film dimulai, seluruh penonton bioskop diminta untuk berdiri dan ikut menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Pada mulanya banyak penonton yang masih bingung dan canggung, namun pada akhirnya seluruh penonton dalam ruangan memutuskan untuk berdiri dan turut menyanyikan Indonesia Raya dengan bangga. Sepanjang film tersebut diputar, saya dibuat terus berdecak kagum dengan jalan cerita dan cara penyampaian yang disuguhkan. Film ini disertai dengan subtitle bahasa Inggris ketika terjadi percakapan bahasa Indonesia, dan ditambah subtitle bahasa Indonesia saat terdapat percakapan non bahasa Indonesia (bahasa Inggris, Belanda, Jepang, Jawa. Sumatra). Film ini memang mengadaptasi dari sejarah yang ada di Indonesia, tidak dilakukan penyimpangan alur cerita di dalamnya. Sehingga jika kita telah mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia, kita akan mudah untuk memahami jalan cerita dalam film Soekarno ini.

20131222_120749 20131222_120814

Film ini menceritakan mulai dari penggantian nama Kusno menjadi Soekarno, masa kecil Soekarno, keikutsertaannya dalam upaya meraih kemerdekaan melalui jalan politik, cerita cinta Soekarno dengan istri dan keluarga, peran besarnya terhadap Belanda dan Jepang, hingga keberhasilan kemerdekaan Republik Indonesia. Soekarno merupakan tokoh besar yang berperan hebat dalam kemerdekaan negara kita. Pidato beliau selalu berhasil memikat hati rakyat dan mengobarkan semangat perjuangan. Kecakapannya dalam dunia politik membuat dia kerap kali menjadi pemimpin dan ketua dalam organisasi-organisasi baik yang dicetuskan oleh rakyat Indonesia sendiri, maupun bentukan penjajah (Belanda dan Jepang). Hal itu juga membuat beliau sering kali ditawan, dipenjara, dan dibuang penjajah dari kediamannya. Soekarno juga menjalani kisah cinta yang sulit. Dimulai dari perkawinannya dengan Inggit yang tidak menghasilkan keturunan hingga harus mengadopsi anak, kemudian jatuh cinta dengan salah satu murid yang ia ajar di sekolah ketika dibuang ke Bengkulu, Fatmawati. Beberapa tahun selanjutnya, ia berpisah dengan Inggit dan menikahi Fatmawati yang menghasilkan 3 anak.

Secara garis besar, film ini banyak menceritakan perjuangan-perjuangan hebat yang dilakukan Soekarno bersama Moh. Hatta dan rakyat Indonesia lainnya untuk meraih kemerdekaan. Film ini lebih banyak menunjukkan sisi positif yang dilakukan Ir. Soekarno. Hal ini yang menyebabkan film ini dianggap sebagai film yang membersihkan nama Soekarno, karena apabila setting alur cerita film ini dilanjutkan hingga akhir hayat Soekarno, akan banyak tampak kesalahan-kesalahan dan sisi negatif Ir. Soekarno yang berujung pada penyimpulan sikap negatif pada Soekarno di mata bangsa Indonesia. Namun di luar semua itu, film ini telah banyak membuka kembali mata kita tentang peran-peran besar Ir. Soekarno bagi kemerdekaan yang telah diperoleh negara kita, Republik Indonesia.

Referensi : http://filmindonesia.or.id/movie/viewer#.UronkvQW1oU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s