OS Android Terbaru – KITKAT

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang terutama untuk perangkat layar sentuh (touchscreen) mobile seperti smartphone dan komputer tablet. Awalnya dikembangkan oleh Android Inc. kemudian di akuisisi oleh Google pada pertengahan tahun 2005 dan mengubah nama penyedia aplikasi Android dari Android market menjadi Google play.

Image

Dalam perkembangannya, Android telah mengalami banyak pembaharuan versi. Uniknya, setiap peluncuran versi baru OS (Sistem Operasi) Android, penamaan yang diberikan selalu berurutan abjad dan merupakan nama makanan hidangan penutup. Namun, penamaan OS Andoid tidak berawal dari huruf A, melainkan huruf C. Ternyata hal ini disebabkan karena huruf A dan B telah dipakai untuk OS Apple dan OS Blackberry. Berikut adalah daftar perkembangan OS Android :

No

Versi Android Nama OS Android

1

1.5

Cupcake

2

1.6

Donut

3

2.0

Éclair

4

2.2

Froyo

5

2.3

Gingerbread

6

3.0

Honeycomb

7

4.0

Ice Cream Sandwich

8

4.1

Jellybean

9

4.4

Kitkat

Android Versi Terbaru

Kini setelah sejumlah bocoran dan rumor yang beredar, Google akhirnya membuka selubung Android 4.4 KitKat. Sistem operasi yang telah ditunggu-tunggu itu diluncurkan dalam sebuah acara yang digelar di San Fransisco.

Image

             Yang lebih menarik, sistem operasi ini sudah disiapkan untuk mengakomodir perangkat Android kelas bawah (lower-end). Wakil Presiden Senior Google untuk Android, Chrome, dan Aplikasi, Sundar Pichai mengatakan KitKat dapat berjalan di semua versi ponsel, tak hanya smartphone versi high-end tetapi juga lower-end.

KitKat dirancang agar bisa berjalan di perangkat mobile yang memiliki RAM 512 MB, spesifikasi minimum yang biasanya dijumpai pada ponsel lower-end. Menurut Pichai, smartphone lower-end biasanya menggunakan sistem operasi Android Gingerbread atau Ice Cream Sandwich karena keterbatasan memori. Sehingga dengan begitu, kehadiran Android 4.4 Kitkat diklaim dapat berjalan di semua versi smartphone. Ini disebabkan karena Google ingin membawa OS Kitkat menuju satu miliar pegguna Android berikutnya.

Salah satu fitur unggulan KitKat adalah adanya fitur perintah suara (voice command). Pencarian dengan suara diklaim 25 persen lebih akurat. Bahkan jika smartphone dalam keadaan standby, user dapat melakukan pencarian dengan mengucapkan kombinasi kata tertentu seperti “OK Google” dan kemudian katakan apa yang inginkan dicari. Berikut 5 fitur eksklusif yang dibawa Android 4.4 KitKat:

No.

Fitur Ekslusif Android Kitkat

1

Firmware yang bisa digunakan untuk smartphone lama

2

Pergantian Fragmentation atau ukuran tampilan layar

3

Miracast updates Gallery baru

4

Visualisasi API baru

5

Boot animasi baru

6

Notifikasi widget baru

Fitur Terbaik Android Kitkat

Selain dariapada beberapa fitur yang sudah dijelaskan pada bahasan sebelumnya, Android KitKat juga memiliki sejumlah perangkat tambahan dan perbaikan aplikasi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. “Ok Google”

User tidak perlu lagi menyentuh layar untuk melakukan pencarian, mengirim teks, mencari arah atau memutar musik. Bila user berada di layar awal (home screen) atau memiliki aplikasi Google Now, user cukup mengatakan “Ok Google” diikuti dengan perintah untuk melakukan salah satu dari tugas-tugas yang user inginkan. Misalkan, user dapat mengatakan perintah seperti “Ok Google, where is the closest KFC.”

2. Full-Screen Album and Movie Art Combined with Controls

Ketika user sedang memainkan streaming musik atau memproyeksikan film ke Google Chromecast dari perangkat KitKat, user bisa melihat full-screen album dan Movie art di tampilan gadget Android user. Pada layar terkunci (lock screen) di situ akan terdapat kontrol yang memungkinkan user untuk memutar (Play), Pause, atau melompat ke lagu selanjutnya atau bab film selanjutnya.

3. Immersive Display

Dalam versi Android sebelumnya, status bar dan tombol navigasi tetap muncul di layar saat user sedang bermain game atau menonton film. Mugkin bagi kebanyakan orang, hal tersebut sangat mengganggu, untuk itu di Android KitKat ini telah ditambahkan sebuah fitur untuk menyembunyikan status bar dan tombol navigasi agar tampilan Android bisa benar-benar full screen.

4. Contact Prioritization

Android KitKat memprioritaskan kontak berdasarkan pada orang-orang yang lebih sering user gunakan. Dari aplikasi Contacts, user juga dapat mencari berbagai tempat yang paling dekat dengan lokasi keberadaaan melalui search box yang berada pada bagian atas. Aplikasi Contacts Android KitKat ini juga terintegrsi dengan aplikasi kontak Google user.

5. Enhanced Caller ID

Orang-orang memiliki kecenderungan untuk mengabaikan panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenali. Oleh karena itu, apabila user menerima panggilan yang nomornya tidak ada di dalam Kontak user, maka Android KitKat akan mencoba untuk mengambil informasi Caller ID dari daftar lokal dalam Google Maps. Fitur ini bisa sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki keluarga dan teman-teman yang menelepon dari nomor tempat mereka bekerja. Misalnya, ketika user mendapat nomor dari 0824-6678xxx, Google akan memberikan info dimana lokasi dan tempat perusahaan penelpon tersebut.

6. Message Consolidation

Android KitKat telah menggabungkan SMS, MMS, Panggilan video dan Google Hangouts chat dalam satu aplikasi. Aplikasi Android KitKat Messagess juga mendukung share-location dan mengirimkan animasi GIF ke teman user. Hampir sama pada aplikasi iMessage pada iOS, hanya saja pada iMessage tidak dapat mengirim gambar dengan format GIF.

7. Emojis

Google telah menambahkan Emojis ke Keyboard Android KitKat. Emoji adalah istilah Jepang untuk ideogram dan smiley yang digunakan dalam pesan teks dan website. User dapat menambahkan isi pesan user dengan menempatkan smiley, mobil, hewan, dan ikon menarik lainnya dengan fitur ini. Fitur ini meniru pada iOS keyboard, tapi hal itu masih dapat ditolerir selama tidak melanggar hak cipta.

8. Cloud Printing Support

Android KitKat memiliki dukungan untuk Cloud Printing (pencetakan di awan). Jadi, user bisa mencetak dokumen, presentasi, website dan foto dari ponsel KitKat atau tablet. Agar fitur ini bisa bekerja, printer user harus terhubung ke Google Cloud Print atau HP ePrint.

9. Quickoffice

Google Quickoffice akan terinstal dengan Android KitKat. Quickoffice mendukung pengeditan dokumen, spreadsheet, dan presentasi yang dibuat dengan Microsoft Office atau Google Docs. Ketika user login ke Quickoffice menggunakan akun Google user, aplikasi akan menampilkan dokumen yang telah tersimpan dalam Google Docs dan akun Google Drive.

10. Step Detector And Step Counter

Android KitKat memiliki detektor langkah dan penghitung langkah, sehingga aplikasi yang berhubungan dengan kebugaran/fitness dapat melacak ketika user sedang berjalan, berlari, dan memanjat tangga. Langkah detektor ini menggunakan input accelerometer untuk mengenali ketika user telah mengambil langkah. Penghitung Langkah ini akan melacak jumlah langkah sejak terakhir user merestart perangkat user. Aplikasi Runtastic Pedometer menggunakan Step Detektor dan Step Counter ini untuk melacak apakah user sudah melakukan 10.000 langkah per hari yang direkomendasikan untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Upgrade OS Android

Sejauh ini, smartphone yang telah berbasis Android 4.4 Kitkat hanyalah Google Nexus 5. Namun direncanakan, Kitkat juga akan didukung Nexus 4, Nexus 7, Nexus 10, HTC One (Google Play Edition) dan Samsung Galaxy S4 (Google play Edition). Sedangkan hingga saat ini, update terbaru untuk OS Android yang tersedia adalah sampai versi 4.3 Jellybean. Untuk melakukan upgrade OS Android tersebut, terdapat beberapa langkah diantaranya :

  1. Masuk pada menu Setting kemudian masuk pada About Phone, lanjutkan untuk memilih System Update.
  2. Tunggu sampai proses cek OS baru selesai, ketika proses telah selesai akan keluar perintah Up To Date. Hal tersebut menandakan bahwa user sudah berhasil upgrade OS Android ke versi yang lebih baru.
  3. Namun jika belum keluar, pasti user dihadapkan dengan perintah install, jika proses install telah selesai, maka akan berlangsung dengan proses download, dan tunggu hingga selesai.
  4. Jika sudah selesai, maka secara otomatis smartphone akan reboot dengan sendirinya, dan akan menyala sendiri sudah dengan OS versi terbaru yaitu Android 4.3 Jellybean

Image

Note : Yang wajib diperhatikan, sebelum melakukan langkah-langkah tersebut sebaiknya terlebih dahulu dilakukan backup semua data pribadi yang dirasa penting ke PC atau laptop. Dan pastikan sebelumnya, kondisi baterai smartphone dalam keadaan full dan normal. Perlu disediakan juga microSD yang masih memiliki kapasitas yang masih longgar, yang muat untuk menempatkan file hasil download upgrade nantinya.

 

Referensi:

  1. Widya, Dewi Ningrum. 2013. Android KitKat Resmi Menampakkan Diri. (Online) http://tekno.liputan6.com/read/735767/android-kitkat-resmi-menampakkan-diri/?utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=%5BS%5BHotTopics_tekno_12519(041113):+Android+KitKat. Diakses : 9 November 2013.
  2. Google Inc. 2013. KitKat 4.4| Smart, simple, and truly yours. (Online) http://www.android.com/versions/kit-kat-4-4/. Diakses : 11 November 2013.
  3. Yusuf, Oik. 2013. Android Kitkat Bisa Olah Foto seperti Photoshop. (Online) http://tekno.kompas.com/read/2013/11/08/1600314/Android.Kitkat.Bisa.Olah.Foto.seperti.Photoshop. Diakses : 9 November 2013.
  4. Dzm. 2013. Ini fitur baru Android 4.4 KitKat. (Online) http://www.merdeka.com/teknologi/ini-fitur-baru-android-44-kitkat.html. Diakses : 9 November 2013.
  5. Indraya. 2013. 10 Fitur terbaik Android KitKat. (Online) http://icity.indosat.com/t5/Android/10-Fitur-terbaik-Android-KitKat/td-p/113653. Diakses : 9 November 2013.
  6. Vina. 2013. Tips Cara Upgrade OS Android. (Online) http://oketekno.com/2598/tips-cara-upgrade-os-android.html. Diakses : 9 November 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s